berita KULINER

Tahu Isi Spesial

Hujan-hujan gini paling enak menyantap gorengan bersama dengan teh atau kopi panas di tengah hangatnya kebersamaan keluargha.

Kalau saat musim hujan seperti ini, gorengan apapun serasa nikmat dan bersahabat. Salah satu jenis gorengan yang menjadi favorit kebanyakan orang adalah tahu isi. Kuliner yang terbuat dari tahu goreng berisi bihun dan sayur yang dibalut dengan tepung ini menjadi favorit gorengan andalan keluarga.

Makanan ini sangat sederhana dan mudah untuk membuatnya. Namun meski sederhana, bukan berarti tidak bergizi. Tahu isi ini memang simpel cara membuatnya, tapi kandungan gizi dalam tahu dan sayurannya tetap bernilai tinggi.

Ada banyak variasi isian yang dapat diisikan ke dalam tahu. Yang paling popular atau sering, gorengan ini memiliki isian sayuran berupa kol, wortel, dan tauge.

Akan tetapi ada juga yang memiliki isian bihun, tauge pedas, atau bahkan berisikan aneka  daging. Bahan isiannya tergantung selera masing – masing.

Namun, yang tidak boleh tertinggal saat makan gorengan tahu isi ini adalah saus sambal atau cabe rawit. Makanan yang satu ini juga mudah dijumpai, hamper disetiap warung menyediakan gorengan yang satu ini.

Tapi, kalau hujan – hujan gini jadi malas ya kalau harus beli tahu isi ke luar rumah. Mending buat sendiri saja. Toh, bahan dan cara membuatnya juga sangat mudah. Berikut tips dan trik dalam membuat tahu isi buatan sendiri.

Bahan-bahan

– 15 buah tahu putih

– 3 buah wortel ukuran sedang

– 1/4 bagian kubis

– 100 gram tauge

– 3 siung bawang putih

– 3 siung bawang merah

– 1 batang daun bawang

– 1/2 sdt merica bubuk

– 1/2 sdt ketumbar bubuk

– 2 sdt garam

– 1 sdm kecap asin

– 1/2 sdt gula pasir

– 150 gram tepung terigu

– 100 gram tepung beras

– Air secukupnya

– Minyak goreng secukupnya

– Cabai rawit secukupnya

Cara Membuat

Goreng tahu putih sampai berkulit dan agak kering, kemudian sisihkan.  Atau langsung beli tahu yang sudah digoreng terlebih dahulu. Kemudian cuci semua sayuran hingga bersih.

Setelah itu parut kasar wortel dengan menggunakan parutan keju. Sedangkan kubis dan daun bawang diiris tipis. Sisihkan.

Haluskan bawang putih, bawang merah, dan 1 sendok teh garam. Lalu tumis bumbu halus tadi hingga harum. Kemudian masukkan wortel, kubis, daun bawang, dan tauge, tumis hingga layu.

Tahap berikutnya masukkan kecap asin, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk hingga merata.  Tuangkan sedikit air, masak sampai air meresap. Kemudian angkat.

Untuk pencelupnya, campurkan terigu, tepung beras, 1 sendok garam, dan ketumbar bubuk dalam wadah. Tuangkan air secara perlahan hingga adonan cukup kental.

Ambil 1 buah tahu, buat sobekan dengan menggunakan pisau, kemudian beri bahan isi secukupnya. Lakukan sampai seluruh tahu terisi semuanya.

Celupkan tahu ke dalam bahan pencelup sampai semua terbalur dengan adonan pencelup, lalu goreng dalam minyak panas sampai matang.  Angkat dan tiriskan.

Tahu isi goreng siap disajikan bersama dengan saus sambal dan cabai rawit. (hya/ran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *