berita KULINER

Ayam Goreng Tepung Kekinian

Ayam goreng tepung atau bahasa kerennya fried chicken, adalah makanan yang populer dan sangat digemari semua kalangan. Tak heran jika produk kuliner yang satu ini terkenal diberbagai tempat.

Penjual makanan ini mudah ditemukan dimana-mana di seluruh dunia, dan begitu mudah untuk mendapatkannya. Mulai dari pedagang kaki lima hingga restaurant berbintang lima. Meski begitu tak ada salahnya kalau kita bereksperimen dengan membuatnya sendiri di rumah.

Selain lebih hemat dengan membuatnya sendiri, juga lebih yakin akan kebersihan dan kualitasnya serta rasanya. Cara membuat fried chicken renyah crispy sederhana sebetulnya tidak terlalu sulit. Akan tetapi diperlukan beberapa kali eksperimen untuk mendapatkan cita rasa yang sesuai dengan selera kita.

Banyak produk tepung yang siap pakai sebagai pelapis fried chicken, namun disini kita akan mencoba mengolah sendiri bumbu-bumbunya. Semua tergantung selera, tepung yang sudah jadi pun bisa digunakan jika tidak mau repot – repot mengolah bumbunya.

Bahan – Bahan yang Diperlukan :

Satu ekor ayam dengan ukuran sedang kira-kira beratnya 1,2 kg, potong-potong menjadi beberapa bagian seperti bagian paha, dada dan sayap. Air perasan dari 1 buah jeruk nipis. Dua butir telur ayam ambil putihnya saja sebagai bahan celupan. Minyak untuk menggoreng minimal 500 ml.

Bumbu Ayam

4 siung bawang putih.

4 butir kemiri.

1 sdt ketumbar.

1/2 sdt lada bubuk.

1 cm jahe dan lengkuas.

Garam dan penyedap rasa secukupnya.

Bumbu Tepung

250 gr tepung terigu protein sedang.

1 sdt soda kue.

1 sdt ketumbar bubuk.

1 sdt garam.

1 sdt merica bubuk.

Cara Membuat :

Langkah pertama adalah melumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis kemudian sisihkan. Haluskan semua bumbu ayam kemudian tumis sampai harum, masukkan ayam dan tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya, aduk merata, beri sedikit air dan diamkan beberapa saat agar bumbu meresap dan airnya mengering setelah itu ayam diangkat dan sisihkan, biarkan beberapa saat hingga dingin.

Ambil wadah yang agak besar dan tuangkan tepung terigu beserta semua bumbu tepung, aduk-aduk dengan tangan agar bumbu tercampur sempurna. Ambil potongan ayam, celupkan kedalam putih telur dan gulingkan kedalam bumbu tepung sambil agak diremas-remas agar tepungnya menempel, lakukan 2 atau 3 kali jika ingin tepung yang lebih tebal. Ulangi langkah ini hingga semua potongan ayam terbalut tepung.

Siapkan penggorengan dan panaskan minyak goreng hingga benar-benar panas. Masukkan potongan-potongan ayam yang sudah terbalut tepung satu per satu dan goreng hingga matang, jika warnanya sudah berubah menjadi kuning kecoklatan berarti fried chicken crispy kita sudah matang. Angkat ayam goreng dan tiriskan diatas kertas tisu dapur agar minyaknya terserap.

Tips dan Trik

Untuk mendapatkan hasil menggoreng yang bagus, fried chicken harus digoreng dengan cara ‘deep frying’ itu artinya membutuhkan minyak yang banyak agar semua bagian terendam. Dengan cara ini fried chicken matang merata luar dalam. Pastikan minyak goreng benar-benar panas sebelum memulai proses menggoreng, jika tidak hasil yang didapat tidak akan renyah sempurna. Tertarik untuk mencoba resep ini? Selamat mencoba (hya/ran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *