berita PENDIDIKAN

Siap Akomodasi Jalur yang Belum Terjangkau

Rute Aman Selamat Sekolah (RASS)

Kediri, demonstran.com – Upaya pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Perhubungan untuk menghindari kecelakaan dengan korban anak sekolah terus dilakukan. Salah satunya dengan melaunching fasilitas angkutan umum gratis dan beberapa marka jalan yang disebut rute aman selamat sekolah (RASS) beberapa minggu yang lalu.
Dengan adanya fasilitas tersebut, banyak pengguna jalan umum maupun anak sekolah makin nyaman dalam berkendara. Selain itu, lalu lintas kota semakin teratur dalam pengendalian kecepatan berkendara maupun volume kendaraan yang melintas.
Namun, harus diakui RASS masih belum merata keberadaannya. Sampai saat ini, rambu yang berfungsi untuk menjaga ketertiban di jalan menuju sekolah itu masih ada tujuh titik di jalan utama kota. Hal tersebut membuat beberapa siswa yang sekolahnya belum dilengkapi marka RASS itu mengeluh. Mereka berharap jalan yang ada di sekitar sekolahnya segera dilengkapi beberapa rambu rass.

Wulan, salah satu siswa SMPN 2 Kota Kediri mengatakan, saat jam berangkat sekolah, di jalan sekitar sekolahnya banyak pengguna jalan yang enggan memperlambat laju kendaraannya. Menurutnya, jika di sepanjang jalan depan sekolahannya ada rambu RASS, pengendara yang melintas pasti akan mengurangi kecepatan kendaraan. “Meski sekolah saya ada di jalan tembus, tetapi jalan tersebut banyak dilewati pengguna jalan di waktu berangkat maupun pulang sekolah jalannya selalu ramai dilewati,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sunarto, salah satu orang tua siswa SMPN 5 Kota Kediri. Dia berharap beberapa marka jalan yang berkaitan dengan RASS ada di setiap jalur menuju sekolah. “Semoga pihak terkait segera menambah RASS. Keberadaan halte harusnya juga ditambah didepan sekolah untuk menunggu bus gratis yang ada selama ini,” katanya.

Terpisah, Bagus Buyung Hermawan, Kepala Bidang Managemen Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Kediri menuturkan, marka RASS yang ada saat ini merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan. Dia mengakui, memang saat ini kumpulan dari marka RASS tersebut masih ada di jalur perkotaan saja.

Saat ini Dishub sedang berkoordinasi dan melakukan kajian dengan Pemerintah Kota Kediri terkait marka jalan yang ada di sekitar sekolah. Jika dirasa perlu ada penambahan marka RASS lagi, Dinas Perhubungan siap untuk menambahnya. “Sampai saat ini kami masih mengkaji hal itu. Intinya, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Perhubungan ini berusaha dengan maksimal untuk menyediakan fasilitas tersebut,” katanya, saat dikonfirmasi, Jumat (1/12) .

Perlu diketahui, jalur bersepeda yang termasuk dalam RASS ini melewati SMPN 1 Jalan Diponegoro, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Brawijaya, Jembatan Lama, Jalan KDP Slamet, Jalan Veteran, Jalan Kawi, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jembatan lama, Jalan Diponegoro.

Selain jalur sepeda, fasilitas keselamatan yang terkait program Rute Aman Selamat Sekolah (RASS) di Kota Kediri yaitu Zona Selamat Sekolah (ZoSS) yang berwarna merah di depan sekolah dilengkapi dengan marka zebra cross dan tulisan “Zona Selamat Sekolah” serta dilengkapi alat bantu penyebrangan pelican crossing (untuk menyalakan lampu traffic light penyeberangan dan membunyikan sirine penyeberangan). Kemudian halte, warning light, alat pembatas kecepatan (Pita Penggaduh), marka berbiku-biku kuning (dilarang parkir pada jalan tersebut), dan rambu-rambu lalu lintas. (hya/ran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *