berita POLITIK

Tahun 2018, Perda RTRW Batal Diubah

Kediri, Demonstran,–  Pemerintah Kabupaten Kediri bersama dengan DPRD akhirnya menyepakati penangguhan perubahan peraturan daerah tentang perubahan rencana tata ruang wilayah di tahun 2018 ini. Kesepakatan ini tertuang dalam dua dokumen penting yaitu pada kesepakatan bersama tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD ) 2018 dan pada kesepakatan bersama tentang program pembentukan peraturan daerah ( propeda ) 2018. Pada dua dokumen yang ditanda tangani antara Bupati dan Ketua DPRD tersebut, dua-duanya mencoret rencana perubahan RTRW yang sebelumnya sempat dimasukkan pada saat rancangannya.

“Apakah bapak ibu semuanya menyetujui RAPBD ini menjadi APBD 2018? Apakah bapak ibu menyetujui rancangan Propeda ini untuk ditetapkan menjadi Propeda 2018?” tanya ketua DPRD H Sulkani saat memimpin paripurna persetujuan bersama. Meski sempat ada perdebatan, tetapi akhirnya semua hadirin menyetujui dan langsung menyaksikan penandatanganan persetujuan bersama. Setelah ketukan palu, maka resmilah rencana perubahan perda tata ruang wilayah dicoret di tahun 2018.

Nur Wakhid, anggota Badan Anggaran dari Fraksi PKB kepada wartawan Tabloid Demonstran mengatakan bahwa untuk rencana perubahan Perda RTRW masih menunggu penjelasan secara komprehensif dari pihak-pihak terkait. “Kita ingin, pengaturan tata ruang ini untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Kediri. Bukan hanya untuk kepentingan segelintir orang, apalagi hanya untuk kepentingan pengusaha saja. Tanah air Kabupaten Kediri ya harus untuk kepentingan semuanya,” katanya.

Menurut wakil rakyat yang juga mantan ketua PWI Kediri ini, pihaknya tidak ingin dituduh hanya pro pengusaha, tetapi merugikan warga. “Bagi kita, kepentingan masyarakat harus menjadi prioritas utama. Bukan kepentingan yang punya uang,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pembentukan Perda Heri Gunawan membenarkan bahwa pada program pembentukan Perda di tahun 2018 memang tidak mencantumkan perubahan perda RTRW. Meski dalam usulan Pemkab sebelumnya ada perubahan, tetapi pada akhirnya disepakati untuk dicoret. (irw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *