berita KULINER

Ketoprak Sederhana Ala Bang Dauz

Jajanan kuliiner yang banyak dinikmati dan menjadi salah satu pilihan yang patut diperhitungkan sebagai santapan sarapan pagi adalah ketoprak. Makanan yang terbuat dari potongan ketupat atau lontong yang diberi tambahan bihun, potongan tahu, tauge dan saus kacang ini mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan untuk energy di pagi hari.

Jika dilihat sekilas jajanan ketoprak ini hampir mirip dengan kupat tahu atau gado-gado. Semuanya ini memang merupakan jajanan kuliner yang biasa dinikmati sebagai penangkal rasa lapar pengganti nasi. Sedangkan porsi ketoprak ini cukup variatif tergantung lokasi atau daerah di mana ketoprak dibeli. Pada umumnya satu porsi ketoprak berkisar antara Rp 8 ribu sampai Rp 12 ribu per porsinya.

Tapi jangan takut, satu porsi sajian ketoprak ini jika disantap untuk sarapan pagi bisa tahan kenyangnya sampai nanti jam makan siang. Bagi yang ingin menghadirkan varian lain di meja makan untuk santapan sarapan keluarga, tak ada salahnya mencoba membuat sajian ketoprak ini.

Berikut langkah-langkah dalam membuat ketoprak sederhana namun special untuk disajikan di meja makan keluarga.

Bahan Utama

    Tahu putih 10 buah

    Bihun 50 gram, seduh dan tiriskan

    Tauge 250 gram, seduh

    Ketupat 4 buah

Bahan Sambal Kacang

    Kacang tanah goreng 500 gram, ulek halus

    Bawang putih 8 butir

    Cabe rawit merah goreng 7 buah

    Air putih hangat 1000 ml

    Garam dapur 2 sdt

    Secukupnya kecap manis

Tambahan Pelengkap

    Secukupnya bawang gorenng. Tambahkan secukupnya seledri, iris kecil – kecil. Langkah awal, tahu putih yang sudah disiapkan kemudian digoreng matang. Angkat dan tiriskan lalu potong dengan ukuran sesuai kesukaan anda.

    Kemudian buat saus kacangnya dengan cara mengulek halus cab rawit merah dan bawang putih. lalu campurkan dengan garam dan beri tambahan kacang tanah goreng halus serta kecap manis dan air. Aduk merata dan sisihkan.

    Potong-potong ketupan dan letakkan di atas piring lalu tambahkan dengan potongan tahu, tauge yang sudah diseduh serta bihun yang juga sudah diseduh.

    Ambil saus kacang dan siramkan pada bahan-bahan yang sudah berada di piring saji. Kemudian taburi dengan secukupnya seledri iris dan bawang merah goreng. Ketoprak siap disajikan.(hya/ran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *