berita HEADLINE

Blitar Ngotot Rebut Gunung Kelud

Kediri, Demonstran,- Pengembalian status quo posisi kepemilikan Gunung Kelud oleh Mahkamah Agung membuat Pemerintah Kabupaten Blitar bersemangat untuk merebut kepemilikan gunung berapi itu dari wilayah Kabupaten Kediri. Bahkan saat ini, pejabat yang terkait dengan penetapan batas sudah melakukan ancang-ancang adu data dengan pihak Pemkab Kediri.

“Saat ini Pemkab Blitar masih menunggu fasilitasi dari tim Penegasan Batas Daerah (BPD) Pemprov Jatim untuk memaparkan bahwa status kepemilikan Gunung Kelud adalah milik dari Kab. Blitar. Kita sudah menyiapkan data-data yang diperlukan agar dalam fasilitasi nanti bisa meyakinkan,” kata Drs Syaiful, Kabag Pemerintahan Kabupaten Blitar kepada tabloid demonstran.

Menurut Syaiful, setelah hasil kasasi keluar dan dinyatakan kembali ke nol berarti status Gunung Kelud adalah status quo. “SK Gubernur yang menyatakan bahwa Gunung Kelud milik Kediri sudah tidak berlaku lagi. Karena saat ini sudah inkrah, bahwa statusnya kembali nol,” ujarnya.

Masih kata Saiful, status Quo ini diperjelas berdasarkan Putusan MA atas kasasi perkara No. 402/K/TUN/2017 Jo 35/B/2016/PT.TUN.SBY Jo 29/G/2016/PTUN.SBY mengenai obyek gugatan aquo Keputusan Gubernur Jawa Timur No :188/828/KPTS/013/2014,tanggal 19 desember 2016. “Maka dengan munculnya status quo ini, status Gunung Kelud dikembalikan di awal lagi atau lebih tepatnya antara pihak Kab. Kediri dan Blitar sudah dalam posisi nol-nol,” katanya. (glh)

 

One thought on “Blitar Ngotot Rebut Gunung Kelud”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *