berita KULINER

Telur Rebus Bumbu Bali

Bosan dengan menu masakan yang rumit di pagi hari ? Atau mungkin bingung dan sedang mencari ide untuk membawakan bekal untuk suami dan si buah hati? Jika keluarga adalah penggemar masakan pedas, maka bisa mencoba telur bumbu bali yang satu ini.

Menu ini sangat mudah dibuat dan tidak membutuhkan bahan yang rumit serta waktu yang lama. Menu ini  hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit untuk memasaknya. Sangat praktis untuk menghadapi pagi yang sibuk, bukan?

Bagi mereka yang kurang menyukai rasa pedas, dapat diatur dengan mengurangi penggunaan cabe rawit dengan menambahkan kecap manis. Alternatif lainnya, dapat menambahkan hati ampela atau pete sebagai pelengkap telur bumbu bali ini.

Namun, tambahan pete perlu dipertimbangkan ketika menyantap menu ini di sela jam kerja maupun sekolahnya. Jangan sampai aroma pete membuat ia menjadi perhatian di kantornya. Bahan-bahan yang dihaluskan menjadi kunci utama dalam membuatnya. Bisa juga menggunakan blender untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jumlah telur yang digunakan juga harus dsesuaikan dengan banyaknya bumbu halus tersebut. Jika telur yang digunakan terlampau banyak, bumbu ini tidak akan menyerap dengan baik. Yakinlah keluarga di rumah akan menyukai menu sederhana  ini.

Bahan-bahan

– 6 buah bawang merah

– 3 buah bawang putih

– 2 buah kemiri

– 8 cabe rawit

– 1 sdt gula merah

– 1 sdm garam

– 1 buah tomat

– 4 buah telur ayam

– 2 lembar jeruk nipis

– 2 sdm kecap manis

– Minyak goreng seperlunya

– Air secukupnya

Cara Membuat

 Sangrai terlebih dahulu kemiri. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe rawit, gula merah, garam, dan tomat. Rebus telur ayam hingga matang. Siram atau rendam dalam air dingin. Kupas telur ayam dari  kulitnya. Tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Tambahkan daun jeruk nipis. Aduk rata. Masukkan telur ayam yang sudah dikupas kulitnya. Aduk hingga rata. Tambahkan kecap manis dan air. Diamkan beberapa saat hingga bumbu meresap. Angkat dan sajikan dengan nasi putih hangat (ran/hya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *