berita KULINER

Tahu Bulat Kopong yang Renyah

Tahu bulat adalah cemilan sederhana dari bahan kedelai yang renyah dan gurih rasanya dan murah meriah harganya. Berbeda dengan tahu isi ataupun tahu goring lainnya, cemilan jenis ini memang  lebih renyah. Hal ini disebabkan karena memang bagian dalamnya kopong atau kosong sehingga bisa mengembang sempurna.

Karena rasanya yang gurih, enak, renyah dan murah, maka saat ini banyak sekali penjual tahu bulat. Ternyata memang banyak peminatnya, bahkan sampai menunggu selesai digoreng. Memang kelebihan jajanan cemilan sederhana ini salah satunya memang fresh.

 Pasti banyak yang penasaran bagaimana cara agar bagian dalamnya bisa kosong atau kopong dan mengembang sempurna. Berikut tips untuk membuat tahu bulat kopong dan mengembang asli Tasikmalaya.

Resep tahu bulat ini memang bisa dibilang sangat fenomenal sekali. Bukan hanya di kota kota yang ada di Tasikmalaya atau Jawa Barat saja, tetapi sudah sampai di kota lain. Apalagi penjualnya cukup menarik dengan menggunakan musik dan lagu tahu bulat di goreng dadakan. Cara masak tahu bulatnya juga menarik karena digoreng langsung di hadapan kita.

Selain itu harganya yang sangat murah menjadi daya tarik tersendiri. Rata rata penjual hanya menjualnya dengan harga Rp 500 per biji. Hal inilah yang menyebabkan tahu bulat menjadi banyak digemari. Bagaimana sebenarnya cara membuat tahu bulat ini sampai bisa mengembang dan kopong di bagain dalamnya.

Pasti banyak sekali yang belum tahu bahwa sebenarnya cara membuat tahu bulat tersebut dibuat dari ampas tahu. Jadi tahu putih yang sudah disiapkan lalu dihancurkan terlebih dahulu. Setelah itu baru diambil ampasnya dengan cara memeras dan mengeluarkan kandungan airnya. Makanya bagian dalam nya bisa renyah dan kopong atau berongga. Resep tahu bulat rasanya juga gurih dan enak karena dicampur dengan bumbu tahu bulat yang special.

Cara membuat tahu bulat agar mengembang dan renyah ternyata menggunakan bahan tambahan. Seperti cara membuat cake supaya mengembang, resep tahu bulat yang dibuat juga menggunakan baking powder.

Bisa juga menggunakan baking powdernya yang versi double action ya. Baking powder jenis ini memang memiliki kemampuan untuk mengembangkan makanan lebih baik dari yang versi biasa. Mungkin banyak diantara kita yang sudah pernah mencoba membuat tahu bulat ini sendiri di rumah tetapi gagal.

Adonan tahu yang sudah dibentuk dan sudah didinginkan hanya digoreng saat akan dimakan saja. Apalagi menggorengnya dengan minyak yang banyak di wajan besar sehingga tahunya bisa terendam semua. Karena karateristik tahu bulat yang bagus itu kopong atau berongga di bagian dalam, maka apinya jangan menggunakan api besar ya. Cukup api kecil saja. Soalnya kalau apinya besar nanti resep tahu bulat yang kita buat nanti bisa gosong. Padahal pori pori didalamnya juga belum mengembang sempurna.(hya/ran)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *