berita KULINER

Nasi Timlo Komplit Khas Solo

Kota Solo memang kaya akan kuliner yang lezat dan berbeda dengan daerah – daerah sekitarnya. Salah satu hidangan khas yang tidak boleh dilewatkan di kota ini tentu saja Nasi Timlo Solo. Timlo merupakan makanan berkuah sejenis sup yang terdiri dari telur pindang, bihun yang telah diseduh dengan air panas, jamur kuping, gelantin atau dadar gulung, suwiran ayam dan irisan hati ayam yang disiram dengan kuah sup bening yang lezat. Walaupun kuahnya bening, namun jangan salah, kuah ini penuh dengan aroma rempah-rempah. Wah, jika hari sedang mendung atau hujan dan udara memjadi dingin, timlo yang hangat ini pas sekali untuk menghangatkan badan. Cocok juga sebagai menu sarapan dipagi hari.

Penasaran dengan masakan Nasi Timlo Solo ? berikut tips dan trik serta tatacara membuatnya.  Siapkan bahan-bahannya apa saja dan ikuti langkah pembuatannya. Semua bahan sesuaikan dengan porsi masing – masing.

Bahan Dadar :

  • 75 ml santan terbuat dari 1/4 butir kelapa
  • 3 butir telur
  • 1/8 sendok teh garam
  • minyak untuk menggoreng

Bahan isi dari timlo solo :

25 gram bihun kita seduh

 50 ml santan terbuat dari 1/4 butir kelapa

 100 gram daging giling

 5 butir telur kita kocok lepas

 1/8 sendok teh gula pasir

 1/2 batang daun bawang kita iris iris

 1/4 sendok teh garam

 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :

2 butir bawang merah

1/4 sendok teh ketumbar

1 siung bawang putih

1/8 sendok teh jintan

1 butir kemiri kita sangrai

Bahan timlo :

6 pasang hati empela ayam

1/2 sendok teh garam

3 lembar daun jeruk buang tulang daunnya

2 cm jahe memarkan

1/4 sendok teh merica bubuk

3 siung bawang putih kita haluskan

1/2 liter air

Bahan untuk kuah :

2 buah paha ayam atas bawah

1,5 liter air

5 siung bawang merah kita iris iris

4 siung bawang putih kita iris iris

1 sendok makan garam

1/2 sendok makan gula pasir

1 sendok makan minyak untuk menumis

1 batang daun bawang diriis iris halus

1/2 sendok teh merica bubuk

Bahan pelengkap timlo solo enak komplit :

3 butir telur pindang

2 sdm bawang merah goreng sebagai taburan sambal kecap

Cara membuat Nasi timlo solo Enak komplit :

Untuk membuat dadar : aduk rata semua bahan dadar, lalu buat dadar tipis dengan wajan anti lengket, sisihkan. Untuk membuat isi timlo : panaskan sedikit minyak, lalu tumis bumbu yang telah di haluskan hingga harum. Setelah itu tambahkan dengan daging yang telah di giling lalu aduk hingga rata dan berubah warna. Tambahkan dengan daun bawang dan telur, aduk hingga rata. Masukkan bihun, aduk hingga rata, lalu angkat.

Ambil 1 lembar dadar lalu beri isi dan lipat. Kukus dengan api sedang selama 30 menit. Setelah di kukus, goreng di dalam minyak yang telah di panaskan hingga berkulit dan matang, angkat. Untuk membuat timlo : Masak air hingga mendidih, lalu rebus hati ampela, bawang putih, merica bubuk. garam, jahe dan daun jeruk hingga matang, setelah itu angkat dan potong potong ampela ayam.

Untuk membuat kuah : resbua air hingga mendidih, lalu ,masukkan paha ayam dan masak hingga matang. Ambil air kaldunya sebanyak 1300 ml, lalu tiriskan ayamnya dan potong potong ayam. Panaskan minyak, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, lalu masukkan ke dalam air rebusan ayam, sambil di tambahkan dengan gula pasir, merica bubuk dan garam, masak hingga mendidih dan matang. Sebelum di angkat, tambahkan dengan daun bawang, aduk rata lalu angkat.

Untuk penyajian : siapkan mangkok, lalu tata hati ampela di dalam mangkok, tambahkan dengan sosis solo dan telur pindang, siram dengan kuah ayam, tambahkan dengan bawang merah goreng dan kecap manis, sajikan hangat. Itulah Resep Nasi timlo solo Enak komplit yang bisa Anda coba dirumah, bagaimana tertarik untuk mencobanya bukan? selamat mencoba 🙂 (hya/ran)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *