berita HEADLINE POLITIK

Empat Fraksi Soroti Aksi Borong Tanah

Kediri, Demonstran,- Aksi borong tanah di barat sungai yaitu di tiga kecamatan, masing-masing Kecamatan Grogol, Kecamatan Tarokan dan Banyakan kembali mendapat sorotan. Kali ini yang menyoroti ada 4 fraksi yaitu Fraksi Nasdem, Fraksi PKB, Fraksi PAN dan Gerindra. Empat fraksi tersebut menuangkan pikirannya dalam pemandangan umum fraksi-fraksi hari Senin, 6 Nopember 2017 di gedung graha sabha DPRD Kabupaten Kediri. Pemandangan umum sendiri dilakukan dalam rangka pembahasan rencana APBD tahun 2018.
Fraksi PKB yang mendapat kesempatan pertama menyatakan, bahwa aksi borong tanah di barat sungai harus mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah. Hal ini disebabkan aksi tersebut bisa berdampak luas pada masyarakat di belakang hari. Selin itu, aksi tersebut juga dikhawatirkan ada dampak hukumnya di masa-masa mendatang. “Kita berharap agar pemerintah daerah bijaksana dalam menyikapi aksi borong tanah tersebut. Pastikan dulu aturan hukumnya, pastikan dulu peruntukannya, pastikan dulu komitmennya. Dan semua itu harus tertulis di dokumen resmi, supaya di belakang hari tidak timbul permasalahan, baik permasalahan hukum maupun permasalahan sosial,” Kata juru bicara Fraksi PKB Nur Wakhid, SH, MH.
Menurut Nur Wakhid, pihaknya tidak akan mempermasalahkan pembebasan tanah tersebut, juga tidak akan mempermasalahkan peruntukannya yang katanya untuk Bandara, asalkan jelas dokumennya, jelas dasar hukumnya dan jelas aturan mainnya. “Kita tidak ingin ada kebohongan-kebohongan yang bisa memunculkan kegaduhan di belakang hari,” katanya.
Sementara, Antox Prapungka Jaya, juru bicara Fraksi Nasdem meminta kepada Pemkab untuk segera memberikan penjelasan secara tertulis terkait aksi borong tanah tersebut. “Masyarakat butuh penjelasan supaya tidak bertanya-tanya. Masyarakat butuh ketenangan dan kepastian proyek itu agar tidak terjadi masalah di belakang,” katanya.
Menurut Antox, dirinya sama sekali tidak ada niatan untuk menolak atau menghambat pembangunan Bandara. Tetapi perlu kepastian, bahwa rencana proyek besar tersebut seperti apa. Dan bagaimana masyarakat bisa mendapatkan keuntungan dari hal tersebut.
Muhaimin, Ketua Fraksi PAN juga menginginkan adanya penjelasan yang komprehensip terkait proyek-proyek yang ada di Kabupaten Kediri. “Beri penjelasan se jelas-jelasnya. Dan buat informasi secara terbuka, jangan ada yang ditutup-tutupi,” lanjutnya. (irw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *