berita Olah Raga

Dishub Kota Kediri Launching Program RASS Guna Tekan Kecelakaan Pelajar

Kediri, demonstran.com – Dalam menekan angka kecelakaan khususnya di kalangan pelajar.Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Perhubungan Kota Kediri melaunching Rute Aman Selamat Sekolah (RASS) pada, Minggu (5/11/2017).
Launching rute aman selamat sekolah ini dilaksanakan dihalaman Sekolah SMP Negeri 1 Kota Kediri, dengan di tandai rangkaian kegiatan bersepeda dengan menempuh rute jalur sepeda yang sudah dibuat oleh Pemkot Kediri.
Menurut Kepala Dishub Kota Kediri Ferry Djatmiko, Rute Aman Selamat Sekolah (RASS) ini merupakan kawasan tertib lalu lintas sebagai upaya Pemerintah Kota Kediri dalam mewujudkan budaya tertib berlalu lintas dengan memprioritaskan pejalan kaki dan kendaraan tidak bermotor di kawasan pendidikan dan ruas jalan prioritas menuju kawasan pendidikan,” katanya.
Masih kata Ferry, program tersebut tujuan utamanya adalah untuk mendorong siswa dan orang tua agar memilih menggunakan sepeda dan berjalan kaki, atau menggunakan angkutan umum dengan harapan selamat, aman, nyaman, dan menyenangkan pada saat berangkat ataupun di saat pulang sekolah,” ungkapnya.
Perlu diketahui, jalur untuk kegiatan bersepeda ini melewati jalur sepeda yang ada di sepanjang Kota Kediri dan jalan tersebut sekaligus merupakan salah satu dari Rute Aman Selamat Sekolah.
Sementara itu, terkait dengan rutenya sendiri yakni melewati SMPN 1 JL. Diponegoro, Jl. Basuki Rahmat, Jl.Brawijaya, Jembatan Lama, Jl. KDP. Slamet, Jl.Veteran, Jl. Kawi, Jl.Jaksa Agung Suprapto, Jembatan lama, Jl.Diponegoro.
Selain jalur sepeda, fasilitas keselamatan yang terkait dengan program Rute Aman Selamat Sekolah (RASS) di Kota Kediri yaitu Zona Selamat Sekolah (ZoSS) yang berwarna merah yang terpampang di depan halaman sekolah dengan dilengkapi marka zebra cross yang bertuliskan “Zona Selamat Sekolah” serta dilengkapi alat bantu penyebrangan Pelican Crossing (untuk menyalakan lampu trafic light penyebrangan dan membunyikan sirine penyebrangan) , Halte, Warning Light, Alat Pembatas Kecepatan (Pita Penggaduh), Marka berbiku-biku kuning (dilarang parkir pada jalan tersebut) dan rambu-rambu lalu lintas.
Sementara itu, dalam sambutanya Walikota Kediri Abdullah Abubakar mengatakan, untuk menekan angka kecelakaan anak sekolah di Kota Kediri, selain menggunakan program RASS, Pemkot Kediri berencana akan menambah 12 unit bus sekolah.” Berdasarlan hasil evaluasi, dengan adanya bus sekolah bisa menekan angka kecelakaan dikalangan pelajar,” katanya.
Terkait hal tersebut kata Abu, untuk pereode anggaran kedepan, ia akan mengalokasikan anggaran untuk penambahan armada bus sekolah.” Kedepan akan kita tambah 12 bus lagi, senang gak kira kira kalau busnya di tambah,” lanjut Abu disambut tepuk tangan para pelajar.
Diketahui dalam acara launching ini dihadiri oleh Kasubdit Audit dan Inspeksi Jalan Kemenhub RI, Walikota Kediri, Kapolres Kediri Kota serta tamu undangan dan komunitas sepeda yang ada di Kota Kediri.(glh/yy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *