berita WISATA

Desa Sukorejo Katang Gelar Bersih Desa Dengan Kirab1000 Tumpeng

Kediri,demonstran.com – Hari ini tanggal 12/10 2017 Desa Sukorejo menggelar acara adat Bersih Desa. Acara ini dibuka oleh Kades Ds.Sukorejo,Sudarmanto di jalan raya Airlangga dan akan diarak melintasi sepanjang jalan air langga hingga menuju punden mbah Suko. Untuk jarak dari start hingga finish diperkirakan 1,5 kilo.
Jati Utomo,sebagai Ketua pelaksana kegiatan ini mengatakan bahwa ” acara ini merupakan ucapan terima kasih warga katang sebagai wujud rasa syukur atas nikmat kepada Tuhan YME yang mana sudah selama setahun warga Sukorejo diberi kesehatan,keselamatan dan rejeki yang berlimpah. Imbal baliknya,kita memberikan tasyakuran di punden mbah suko atau warga sini sering menyebutnya Suko suko. Harapan saya, “Desa sukorejo Katang ini bisa menjadi desa wisata religi. yang dikenal di kabupaten Kediri.
Untuk peserta yang mengikuti kirab sebanhak kurang lebih700 peserta baik dari perangkat, warga masyarakat, maupun siswa siswi mulai dari TK hingga SMA .Untuk tumpeng ada kurang lebih 500 tumpeng nasi dan tumpeng tahu. Karena tema kita kali ini adalah 1000 tumpeng yang merupakan ucap syukur atas rahmat dan nikmat kepada Tuhan YME,” tambahnya.
Acara ini juga didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri. Dihadiri Kadis Disbupar, Ir Adi Suwignyo,

M . Si yang juga mengatakan bahwa ” di desa ini Desa Sukorejo dusun Katang menjadikan acara ini tradisi tiap tahun, yang merupakan wujud syukur kepada Alloh SWT, atas kesehatan,kemakmuran yang diberikan warga desa ini.Dan dari dinas pariwisata sendiri memberikan dukungan. harapan saya “disini ada 2 hal yakni adanya potensi tradisonal dan yang lebih unik lagi adalah Tahu yang dibuat seperti ambeng, tahu ini dari GTT Kabupaten. Tahu sebagai oleh oleh khas Kediri juga menjadi tumpeng dan tahu memang merupakan ciri khas Di kediri,” tuturnya kepada wartawan tabloid Demonstran.
Diakhir ritual ini,baik tumpeng tahu,nasi,sayur mayur dan buah sudah menjadi tradisi warga berebut,sehingga terlihat ramai dilokasi. Bahkan ada seorang nenek juga ikut mengantri ingin mendapatkan berkat dan tumpeng. Suratmi, mengaku senang sekali bisa ikut meramaikan desa dan berkat yang dia peroleh akan diberikan ke anak cucunya. Kata suratmi,” ini adalah rejeki dan semoga warga desa Sukorejo selalu diberikan kesehatan dan keselamatan.” (dk/yy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *