berita teknologi

Kaset Pita Riwayatmu Kini

Kediri, demonstran.com – Anda masih mempunyai kaset pita? Atau ingin mencari kaset pita? Di Kota Kediri, ternyata masih ada pedagang yang menjual pita kaset. Pembelinyapun masih ada meskipun jauh menurun akibat digitalisasi produk industri musik dan film.

Salah satu lokasi penjualan kaset pita ada di komplek Pasar Loak Kaliombo Kecamatan Kota. Di situ, setidaknya ada 4 pedagang yang masih menjajakan kaset pita. Jangan tanya soal harga, karena jika dibandingkan dengan tahun 1990-an, harga kaset pita sekarang sangat murah. “Paling murah Rp 1.000,” ujar Yanto, salah satu pedagang.

Bahkan terkadang pedagang memberikan kaset pita sebagai bonus pembelian keris dan barang antik lainnya. “Kalau dijual langsung jarang laku,” imbuh Yanto.

Lokasi lain penjualan kaset pita ada di sebuah toko di dekat simpang empat Bence. Dibanding di pasar loak, koleksi kaset pita yang dipajang di toko itu lebih lengkap, mulai dari lagu campur sari hingga musik rock. Ada pula kaset pengajian dan cerita.

Sumadi, pemilik toko kaset itu mengungkapkan, penjualan rata – rata 100 unit per bulan. Pembelinya terbatas pada kolektor yang berniat menjual kembali kaset-kaset itu. Harganya juga bervariasi antara Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu per unit. “Anak muda ada juga yang beli, tapi hanya untuk musik jaranan,” katanya.

Pamor kaset pita memang sudah tergusur produk berteknologi baru. Meski begitu, posisi kaset pita tetap bertahan menyimpan memori masa lalu yang bagi sebagian orang sulit dilupakan.(hya/ran)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *