berita REFLEKSI

Kunjungi Muzium UMNO, Tuntaskan Rasa Penasaran

CatatanPerjalanan TabloidDemonstrankeNegeriJiran( 13 )

Pengalaman berkunjung ke Malaysia dan Singapura di pergantian tahun 2016 – 2017 bagi kami sangat berharga. Kami berharap pengalaman ini bisa membawa manfaat bagi kami dan juga bagi pembaca tabloid demonstran dan pengunjung www.demonstran.com

19866273_169146600293682_1399224566_nSalah satu tujuan saya untuk ‘mewajibkan’ mampir ke Melaka adalah untuk mengobati rasa penasaran saya terhadap organisasi politik di negeri jiran malaysia itu yaitu UMNO (United Malaysia National Organisation) yang hingga kini masih mendominasi di negeri serumpun tersebut. Mengapa memilih Melaka? Ini terprovokasi cerita teman-teman aktifis yang mengatakan bahwa cerita UMNO banyak tersaji di negeri bagian tersebut. Hingga di kota itu dibuatkan museum atau muzium sebagai penanda pernah banyak kebijakan partai ditempat tersebut. Dan ternyata tidak salah, banyak cerita saya dapatkan di tempat tersebut, meski hanya dengan wawancara beberapa orang saja.

Tentang apa saja pertanyaan saya, dan bagaimana jawabannya memang tidak saya sajikan pada tulisan ini.  Tetapi yang jelas, rasa penasaran saya terhadap partai politik penguasa, semacam Golkar pada masa orde baru itu, sudah sedikit terobati. Dan banyak inspirasi yang saya peroleh usai bertanya-tanya tentang beberapa hal dia sekitar kawasan muzium UMNO tersebut.

Usai mengunjungi muzium, yang bagi saya merupakan kunjungan terpenting hari itu, waktu sudah menunjukkan pukul 16.00 waktu setempat. Sesuai kesepakatan kita akan meninggalkan Kota Melaka maksimal jam 16.30 waktu setempat. Mau tidak mau, kita sudah harus menuju bas pesiaran (bus pariwisata) dan bersiap menuju ke Kota Johor bahru untuk menginap di kota tersebut. Kota Johor Bahru adalah kota terakhir di wilayah malaysia sebelum kita menuju Negara Singa yaitu Singapore untuk bermalam tahun baru di negeri kecil tetapi sangat maju itu.

Sebelum sampai di penginapan, rombongan menyempatkan diri untuk mampir di tempat perbelanjaan yaitu Johor Premium Outlet (JPO). Baik yang punya agenda belanja maupun yang tidak, semua turun ke tempat perbelanjaan yang oleh warga setempat dijuluki tempat perbelanjaan ala singapura itu. Cukup mewah dan berkelas. Harganya pun cukup fantastis, meski di beberapa outlet tersedia juga barang-barang kelas menengah. Tetapi memang mayoritas merupakan outlet-outlet barang mewah dan branded seluruh dunia. Sehingga kalau ingin belanja ya harus merogoh kocek agak dalam. Dan itu memang dilakukan oleh orang-orang yang ada di tempat itu.

19807372_169146416960367_635968694_o

Sekitar dua jam berada di JPO memang terasa singkat, karena memang lokasinya luas dan enak untuk sekedar jalan-jalan. Tetapi kita sudah harus melanjutkan perjalanan menuju penginapan di Johor Bahru. Hotel Sentral menjadi tempat menginap kita selama di kota yang berbatasan langsung dengan Singapura itu……. ( Nur Wakhid / bersambung )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *