berita KRIMINAL

121 Botol Arak Jowo Diamankan Dari Warga Pare

Kediri, demonstran.com – Dua warga Pare Kabupaten Kediri diamankan oleh petugas Polsek Pare karena kedapatan menjual miras dengan jenis arak jowo.

Kedua tersangka tersebut yakni Mochamad Yani (54) tukang becak warga kelurahan/kecamatan Pare serta Maemunah (59) Warga Desa Bendo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri.

Dari tangan kedua tersangka petugas berhasil menyita ratusan botol miras arak jowo dan 3 jirigen berisi miras arak jowo, Rabu (6/11).

Kapolsek Pare Iptu I Nyoman Sugita SE. MSi. mengatakan, penggerebekan terkait kepemilikan dan peredaran miras tersebut bermula dari Informasi dari masyarakat yang kemudian ditindak lanjuti dengan dilakukannya serangkaian penyelidikan oleh petugas. Setelah dilakukan penyelidikan beberapa kali dan terbukti, petugas langsung melakukan penggrebekan terhadap kedua tersangka.

“Penggerebekan tersebut dilakukan berkat informasi dari masyarakat dan setelah dilakukan penyelidikan oleh petugas dan terbukti telah menjual miras,” jelas Iptu I Nyoman Sugita SE. MSi.

Penggrebekan dimulai dari rumah Mochamad Yani, disana petugas melakukan penggeledahan dan menemukan barang bukti miras arak jowo yang berada dalam jirigen sebanyak 3 jiregen, 24 botol ukuran besar berisi miras arak jowo dan 13 botol ukuran kecil yang juga berisi arak jowo.

“Petugas langsung membawa tersangka Mochamad Yani beserta barang buktinya ke Mapolsek Pare, tersangka ini selain bekerja sebagai tukang becak juga menjual miras, ” terang Iptu I Nyoman Sugita SE.MSi.

Saat dimintai keterangan terkait asal miras yang dimiliki tersangka, tersangka mengaku jika miras tersebut diperoleh dari Maemunah perempuan warga Desa Bendo Pare.

Seletah mendapat informasi tersebut, petugas langsung melakukan penggerebekan di rumah Maemunah. Pada saat dilakukan penggrebekan di rumah tersangka Maemunah tidak bisa berkutik karena saat dilakukan penggeledahan petugas menemukan sebuah bunker tempat menyimpan miras.

“Saat dilakukan penggeledahan petugas menemukan barang bukti 40 botol mineral ukuran besar berisi miras arak jowo, 39 botol mineral ukuran kecil berisi miras arak jowo, 3 botol miras merek anggur 500 Kimhua dan 2 botol miras merek kuntul,” jelas Kapolsek Pare.

Tersangka beserta barang bukti miras kemudian diamankan dan saat diinterogasi petugas tersangka Maemunah mengaku jika miras tersebut didapatkan dari R warga Semarang. Miras dari Semarang itu dibagikan kepada Maemunah dan Mochamad Yani.

“121 botol miras dan 3 jiregen berisi miras arak jowo, sudah diamankan dari kedua tersangka. Dan saat ini petugas terus melakukan pengembangan kasus ungkap minuman keras tersebut, ” ujar Kapolsek Pare.(yy)